Mengenal Lebih Dekat Penyakit Lupus

Posted by Unknown on Monday, July 16, 2012

Seputar Cantik Sehat > Mendengar kata LUPUS mungkin anda  teringat dengan sebuah serial novel dan sinetron tahun 90an. Tapi Lupus disini adalah sebuah penyakit yang cukup mengerikan. Kata lupus sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Anjing Hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad yang lalu.
Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh. 
Penyebab Penyakit Lupus
Penyakit lupus adalah penyakit sistem imunitas di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.
Hingga saat ini para peneliti dalam bidang dermatologi masih meneliti lebih lanjut tentang penyebab penyakit lupus, siapapun dapat menderita penyakit ini tidak dibatasi oleh usia dan jenis kelamin, bersifat genetik namun menurut perkiraan para ilmuwan bahwa hormon wanita (hormon estrogen) mungkin ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus karena dari fakta yang ada diketahui bahwa 9 dari 10 orang penderita penyakit lupus adalah wanita,  beberapa faktor yang dapat memicu penyakit lupus:
  • Lingkungan
  • Infeksi
  • Paparan sinar matahari
  • Stres
  • Obat-obatan tertentu  
Untuk Gejala-Gejala Penyakit Lupus Tunggu Aritikel Selanjutnya dari Seputar Cantik Sehat

    Post a Comment